alasan gugatan cerai tidak dikabulkan

apa kamu sedang mimiliki permasalahan hukum dengan keluarga /suami - istri ? apa kamu sedang memiliki pertanyaan kenapa alasan gugatan cerai tidak di kabulkan ? apa kamu ingin mengetahui alasan apa saja yang dapat di terima dalam proses gugat cerai ?

alasan gugatan cerai tidak dikabulkan

Undang-Undang Perkawinan secara tegas menyatakan bahwa untuk dapat melakukan perceraian harus ada cukup alasan bahwa antara suami istri itu tidak akan dapat hidup rukun sebagai suami istri. Alasan-alasan perceraian sebenarnya telah diatur secara jelas dan rinci dalam Undang-Undang Perkawinan dan peraturan pelaksananya. Alasan perceraian yang sesuai dengan Undang-Undang Perkawinan adalah:

  • Salah satu pihak berbuat zina atau menjadi pemabuk, pemadat penjudi dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan;
  • Salah satu pihak meninggalkan pihak lain selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa izin dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain di luar kemampuannya;
  • Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 (lima) tahun atau hukuman yang lebih berat setelah perkawinan berlangsung;
  • Salah satu pihak mendapat cacat badan atau penyakit dengan akibat tidak menjalankan kewajiban sebagai suami atau istri; Antara suami istri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga;

Untuk suami istri yang menikah secara islam, alasan lain yang dapat digunakan untuk mengajukan gugatan cerai sebagaimana diatur dalam kompilasi hukum islam yaitu:

Suami melanggar taklik talak; Peralihan agama atau murtad yang menyebabkan terjadinya ketidakrukunan dalam rumah tangga;

Suami yang melanggar shigat taklik talak maksudnya adalah suami yang melanggar point-point dalam sighat taklik talak yang dapat dilihat dalam buku nikah (bagian belakang) yang terdiri dari:

  • Meninggalkan istri saya 2 (dua) tahun berturut-turut; Tidak memberikan nafkah wajib kepadanya 3 (tiga) bulan lamanya;
  • Menyakiti badan atau jasmani istri saya; atau Membiarkan (tidak memperdulikan istri Saya 6 (enam) bulan lamanya;
  • dan karena perbuatan saya tersebut istri saya tidak ridho dan mengajukan gugatan kepada Pengadilan Agama, maka apabila gugatannya diterima oleh Pengadilan Agama tersebut, kemudian istri saya membayar Rp. 10.000.,- (sepuluh ribu rupiah) sebagai iwadh (pengganti) kepada saya, maka jatuhlah talak saya kepadanya.

alasan gugatan cerai tidak dikabulkan

konsultasikan dengan kami secara langsung, untuk mendapatakan alasan yang tepat untuk mengugat cerai atau permohonan cerai talak dengan tepat sesuai persoalan yang anda hadapi.